Senin, 23 November 2015

Java Intro

Pengantar


Java dapat berupa bahasa pemrograman atau software platform. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java  merupakan bahasa perograman komputer yang bersifat concurrent, berbasis class, dan berorientasi objek yang dirancang untuk memiliki ketergantungan implementasi sekecil mungkin. Sehingga programmer dapat "write once, run anywhere" (ciptakan aplikasi yang dapat dijalankan pada semua perangkat tanpa membutuhkan kompilasi ulang). Aplikasi java di-compile menjadi sebuah bytecode yang dapat dijalankan pada Java Virtual Machine apapun, terlepas dari arsitektur komputernya. 

Sedangkan sebagai sebuah software platform,  java merupakan sekumpulan software dan spesifikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems (sudah diakuisisi oleh Oracle) yang menyediakan sistem pengembangan aplikasi dan menjalankannya pada berbagai platform komputasi dari perangkat embedded, mobile phone hingga server enterprise dan super komputer. Aplikasi Java juga dapat dijalankan sebagai applet yang  menyediakan aplikasi native yang dapat ditempelkan pada halaman HTML.

Aplikasi java (byte code yang berjalan pada Java Virtual Machine (JVM)) ditulis menggunakan bahasa Java dan di-compile menggunakan Java Development Kit. Selain itu, byte code compiler juga tersedia untuk bahasa pemrograman yang lain seperti Ada, JavaScript, Python dan Ruby. Beberapa bahasa  pemrogrmaan lainnya telah dirancang untuk berjalan di atas JVM yaitu: Scala, Clojure dab Groovy.

Operasi Aplikasi Java


Untuk meng-compile source code bahasa pemrograman bahasa Java menjadi Java Bytecode dibutuhkan Java Development Kit (JDK), sedangkan untuk menjalankan Bytecode Java dibutuhkan Java Virtual Machine yang terdapat dalam Java Runtime Environment 

Platform Java


Java platform merupakan sekumpulan program yang memfasilitasi mengembangkan dana menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java. Platform Java adalah sebagai berikut:

  1. Java Card: Teknologi yang memungkinkan aplikasi java berukuran kecil berjalan dengan aman pada smartcard dan perangkat serupa dengan memory berukurna kecil.
  2. Java ME (Micro Edition): Menetapkan beberapa kumpulan library (disebut profiles)  untuk perangkat dengan tempat penyimpanan, display dan power yang terbatas. Umumnya digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat mobile seperti PDA,  Mobile Phone, Tv dan printer.
  3. Java SE (Standard Edition): Digunakan untuk penggunaan umum pada komputer desktop atau server.
  4. Java EE (Enterprise Edition): Adalah Java SE yang dilengkapi dengan berbagai API yang berguna untuk aplikasi enterprise  multi-tier client-server . 
   
Dirangkum dari halaman wikipedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Java_%28programming_language%29
https://en.wikipedia.org/wiki/Java_%28software_platform%29
https://en.wikipedia.org/wiki/Java_bytecode
https://en.wikipedia.org/wiki/Java_virtual_machine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar